Plus Minus J2ME Polish

Setelah berhasil membuat mobile aplikasi dengan J2ME Polish, dari situ gw dapet mengambil kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan J2ME Polish, berikut adalah ulasannya.........

PLUS (+)
  1. Karena menggunakan css, sudah pasti tampilan akan lebih menarik dan bisa kita modifikasi sesuai keinginan.
  2. Tampilannya bisa di set Full Screen, dalam arti, command buttonnya bukan bawaan dari command button HP, tetapi dari aplikasi yang kita buat.
  3. Tidak hanya type font (Arial / defatult) saja yang bisa kita gunakan, dengan polish kita bisa menggunakan type font apa saja sesuai kebutuhan (misalnya : Bradley, Comic Sans, dll).
MINUS (-)
  1. Satu aplikasi tidak bisa digunakan untuk semua jenis HP, walaupun dalam pembuatannya kita menggunakan device Generic/AnyPhone, tapi pada kenyataanya, ada beberapa fungsi yang tidak dapat berjalan dengan baik di jenis HP tertentu.
  2. Jika kita membuat aplikasi ini full screen, maka kita harus membuat beberapa aplikasi untuk setiap ukuran layar, misalnya kita membuat untuk ukuran (176x208), maka aplikasi tersebut jika digunakan untuk ukuran layar 128x128x, 240x320, dsb, maka tampilannya tidak akan sesuai.
  3. Dari point 1 dan 2, maka otomatis, kita harus membuat aplikasi ini berbeda untuk setiap ukuran layar dan jenis HP nya. misalnya untuk Nokia/N73 dengan ukuran layar 240x320, tidak akan berjalan dengan baik untuk misal Sony-Ericsson/W880, walaupun untuk itu kita hanya perlu mengganti nama device pada saat mengenerate.
  4. Semua perubahan pada settingan programnya hanya bisa dilakukan dengan meng-edit file build.xml, itu sangat tidak efektif, karena kita harus mengubahnya secara manual.
  5. Yang terakhir adalah, untuk polish versi 2.0.1 keatas, ukuran file JAR hasil generate aplikasi ini terbilang cukup besar, itu dikarenakan semua class yang disediakan polish, dibawa semuanya ke dalam file JAR kita, padalah banyak class2 yang sebenarnya tidak kita gunakan.
sampe saat ini, cuma segitu yang bisa gw simpulkan, mungkin klo rekan2 ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi, silahkan...........

Contoh aplikasinya bisa didownload disini ,contoh ini hanya untuk ukuran layar 176x208.

4 komentar:

  1. contoh project nya dong

    BalasHapus
  2. Thanks kang, tapi udah pernah nyoba sejenis polish menggunakan kalmeo, aku sudah banget rada jarang tutorialnya
    Udah pernah nyoba juga LWUIT nggak? ato j4me

    http://mulkan.web.ugm.ac.id

    BalasHapus
  3. Sama2, blum sempet explore2 lagi nih untuk yg lainnya, btw thx info-nya.

    BalasHapus
  4. anu, kalo masalah full screen sebenernya ga usah pake polish juga bisa....
    trus untuk tampilan juga J2ME udah leluasa, pake canvas, masukin gambar di folder res, create image atur koordinat, dst jadi
    kalo biar bisa dipencet2 (eg. menu) tinggal pake logika pointer...
    udah gitu ga terlalu nambah gede file

    BalasHapus