Langkah Mudah Membuat Aplikasi di Facebook

Anda ingin membuat aplikasi di facebook ?? entah itu games, situs pribadi atau yang lainnya ?? Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman apa saja (PHP, Java, ASP, C++, Perl, Phyton, Ruby dsb), dalam kasus ini Ane menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Berikut step-by-step nya :
1. Setelah anda login ke FB, klik link berikut FB Aplikasi. Kemudian pilih menu Set Up New Application. Isi nama aplikasi, check radio button Setuju kemudian klik Simpan Perubahan.










2. Isi data2 yg dibutuhkan, nggak perlu semua, isi yg anda bisa isi. Tapi minimal anda isi pada menu dasar dan kanvas.





















Pada menu kanvas, isikan pada Canvas Page URL alamat aplikasi FB anda nantinya, dan Canvas Callback URL dengan alamat anda menyimpan aplikasi sekarang + '/footprint/', nanti anda  akan tau sendiri maksud dari penambahan itu. Kemudian anda harus memilih Metode Render yg ingin anda gunakan (IFrame atau FBML).


IFrame
  • (+) Penggunaannya lebih mudah, anda cukup memanggil alamat aplikasi, maka aplikasi tersebut akan langsung muncul di FB.
  • (-) Tinggi layar IFrame default dari FB dan tidak bisa anda ubah2, akan menjadi masalah jika tinggi layar aplikasi anda melebihi tinggi layar IFrame.
   FBML
  • (+) Tinggi layar lebih fleksibel, mengikuti tinggi layar aplikasi anda.
  • (+) Anda dapat menambahkan fitur2 dari FB ke aplikasi anda, seperti Invite Friend, cantumkan kedalam profil, kirim ke status anda dsb.
  • (-) Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari FBML, (mungkin kepanjangan dari Facebook Markup Language, klo ga salah, hehehe...), tapi jangan kuatir, FB sudah menyediakan tutorialnya di sini tinggal di modif dikit sesuai kebutuhan.
   Dari point diatas, sangat disarankan agar anda menggunakan FBML.

3. Download file facebook-platform.tar.gz, kemudian extract sehingga menghasilkan 2 folder (footprint dan php), upload 2 folder tersebut ke dalam aplikasi anda.

4. Langkah terakhir, kembali ke halaman home aplikasi anda, kemudian lihat dibagian Sample Code dan klik Example Code, copy paste code ke dalam file index.php yang ada di folder footprint yang telah anda copy ke aplikasi anda, kemudian ubah script require_once 'facebook.php'; dalam kasus ini menjadi require_once '../php/facebook.php';

Congrats, aplikasi anda siap digunakan di Facebook.

Salah satu contohnya bisa liat di Propertiproperti.com di Facebook.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar