Login website via Facebook

Wah wah udah lama banget ga nulis tutorial, berarti ilmunya blum nambah2 nih... payah.... Yuk kita saling sharing lagi, cekidot.

Mungkin ente sering mengunjungi website yang mengharuskan ente daftar kemudian login untuk dapat masuk kedalamnya. Malahan saking banyak-nya website seperti itu yg ente kunjungi, al hasil sampe lupa username n passwordnya karena kelamaan ga buka2 lagi. Karena issue itu, para developer mencari cara bagaimana memudahkan user untuk melakukan login, salah satunya dengan menggunakan account Facebook untuk login ke website.

Seberapa hebat sih metode ini ?? Jika selama ini kita harus masukkan username n password untuk login ke website yg dituju, dengan menggunakan metode ini, maka cukup dengan sekali klik, otomatis anda sudah login jg ke website yg bersangkutan, dengan catatan ente pada posisi sudah login di Facebook, tapi jika blum login di Facebook, otomatis engine akan meminta ente untuk login dulu. Sebagai contoh yang
pernah ane bikin di sini. Dan berikut langkah-langkahnya :

1. Punya Account facebook (ini syarat utama... hehehe).
2. Pastikan email yg anda gunakan untuk mendaftar di Facebook dan di website yang dituju, harus sama (karena kita akan menggunakan field email ini untuk comparasi).
3. Buat aplikasi baru di Facebook, pada posisi ini ane anggap ente sudah bisa membuat aplikasi di Facebook yang paling sederhana, klo blum, coba cari tau gimana cara bikin aplikasi di Facebook.
4. Masukkan script berikut di folder tempat aplikasi Facebook ente.

Pada tahap ini sebenarnya login menggunakan Facebook sudah selesai, tinggal bagaimana memodifikasi engine login di website ente dengan parameter email yang didapat dari email Facebook. Berhubung setiap programmer memiliki gaya yg berbeda di engine login ini, jd klo ada yg masih bingung, bisa langsung tanya ke ane ya.... bisa via YM, Email or Lewat sini jg boleh.

Selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar