Relasi OLTP, ETL, Business Intelligence, Data Warehouse dan OLAP

Apa itu OLTP ?? Kemudian apa yg dimaksud dengan ETL ?? Bagaimana Data Warehouse & Business Intelligence bekerja ?? dan apa perbedaan OLTP dengan OLAP ?? mari kita coba tarik benang merah di antara ke-5 unsur tersebut...., tapi sebelumnya kita cari tau dulu pengertian dari masing2 unsur.

Online Transaction Processing Systems (OLTP) adalah suatu sistem yang memproses suatu transaksi secara langsung(insert,update,delete) melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Sedangkan ETL sesuai dengan namanya (Extract, Transformation and Load), Extract berarti proses pengambilan data dari sumber data,proses pengambilan data ini tidak mengambil keseluruhan data yang ada di database operasional, melainkan hanya mengambil data-data matang saja.

Transform berarti mengubah struktur Database tersebut ke dalam bentuk standart, mengingat data-data yang diambil berasal dari sumber berbeda yang kemungkinan memiliki standarisasi yang berbeda pula. Standarisasi diperlukan untuk nantinya memudahkan pembuatan laporan. Load sendiri adalah proses mengirimkan data yang telah menjalani proses transformasi ke repository(gudang data) akhir.


Data Warehouse bicara mengenai bagaimana data-data yang besar dan beragam disimpan dalam satu repository(gudang data) dan disusun sedemikian sehingga memudahkan pencarian, sedangan Business Intelligence bisa dikatakan sebagai konsep database yang multidimensi sehingga memudahkan analisa dan pengambilan keputusan secara bijak berdasakan informasi yang akurat. Gabungan dari DW dan BI dinamakan Online Analytical Processing Systems (OLAP) yaitu sistem yang dibuat untuk membantu dalam perencanaan, memecahkan masalah dan mendukung keputusan.


Untuk mengetahui lebih jelas relasi antar unsur-unsur tersebut bisa lihat gambar dibawah ini :


Dari situ dapat disimpulkan, bahwa data2 awal yg ada didalam OLTP di olah sedemikian rupa melalui proses ETL, hasil dari pengolahan tersebut menghasilkan bentuk database baru yg dinamakan Data Warehouse, Data Warehouse tidak bisa dipisahkan dengan Business Intelligent, karena BI yg baik didapat dari DW yg baik juga. Hasil dari DW & BI itulah kita bisa menarik kesimpulan dan mengambil keputusan yang dinamakan sebagai OLAP.

Itulah gambaran singkat mengenai OLTP, ETL, DW, BI dan OLAP, Ane yakin anda sudah tau sekilas perbedaan antara OLTP dan OLAP. Ingin tau lebih detail lg perbedaan keduanya ?? ikuti posting selanjutnya ya.........

3 komentar:

  1. Thanks for the share ..Really appreciated work. And I do have theData Warehousing | Informatica | Oracle | Unix Tutorial...Hope this is helpful to ur visitors

    BalasHapus
  2. susah sekali nyari perbandingan proses di data warehouse.. untung anda buatkan artikel ini.. lumayan buat referensi saya dalam tugas data warehouse.. terima kasih broo !!

    BalasHapus